Ad Widget

Viral, Para Bocah Ini Sumbangkan Tabungannya Untuk Beli APD

Ad Widget

LABURA.NET – Pandemi Covid-19 masih berlangsung dan membutuhkan kerja sama dari berbagai pihak, baik dengan bertahan di rumah atau memberi bantuan dalam bentuk fisik.

Tenaga medis dan garda depan lain tengah kekurangan APD. Para bocah ini menjadi teladan bagi masyarakat, mereka rela menyumbangkan celengannya.

Ingin tahu kisah lengkap para bocah yang sumbang untuk membantu penanganan corona Covid-19? mari simak lebih lanjut.

Bocah Asal Bandung Sumbang Rp453.300

Haru bercampur bahagia meruak mengetahui bocah bernama Moch Hafidh menyambangi Mapolsek Dayeuhkolot, Polresta Bandung.

Bukan untuk menyerahkan diri karena sebuah kesalahan. Bocah berusia 9 tahun ini menyumbangkan hasil menabungnya selama sembilan bulan.

Sejumlah uang koin dengan pecahan senilai Rp100, Rp500, hingga Rp1.000 dari dalam kaleng biskuit total menjadi Rp453.300.

bocah sumbang apd

Kapolsek Dayeuhkolot Polresta Bandung Kompol Sudrajat mengaku terharu dengan Hafid yang masih dianggap kecil, tapi berjiwa besar.

“Kami sangat terharu dengan sikap seorang anak kecil yang berhati besar yang ingin membantu penangan virus corona, tidak semua orang mampu berbuat seperti demikian,” ujar Sudrajat.

Alasan Hafid

Semakin merebaknya virus corona di Indonesia, serta pemberitaan yang semakin miris membuat Hafid begitu perihatin. Menurut Rikoh, anaknya tergerak ingin membantu mempercepat penanganan Covid-19 supaya lekas berakhir.

Dia berharap Tanah Air bisa kembali normal, bersekolah dan bermain dengan teman-temannya tanpa jaga jarak atau pembatasan sosial.

“Hafidh mengatakan wabah virus corona yang menimpa Indonesia ingin segera berakhir supaya bisa bersekolah dan bermain kembali dengan teman-temannya,” kata Rikoh.

Bocah Usia 6 Tahun

Kisah mengharukan berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan. Yasmin Saman Ahmad, bocah berusia 6 tahun merelakan tabungan yang dikumpulkan selama dua tahun terakhir.

Didampingi ibunda, keduanya mendatangi Posko Jurnalis Peduli Kemanusiaan (JPK) yang berada di Sekertariat Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Makassar, Jalan Toddopuli VII no or 23 A pada Jumat (3/4).

bocah sumbang apd

Yasmin membawa celengan warna kuning bentuk ikan yang berisi recehan.

Sejumlah Rp448.800 disumbangkan Yasmin seutuhnya, mengaku untuk membantu APD di puskesmas dan rumah sakit.

“Untuk bantu belikan kakak dokter dan perawat baju (APD) di puskesmas dan rumah sakit. Tetap semangat kakak dokter,” papar Yasmin.

Kerelaan Hati Si Bocah Mungil

Ibunda Yasmin, Mardiana Rusli mengatakan bahwa keinginan anaknya merelakan celengan itu atas inisiatif sendiri.

Hatinya tergerak melihat kondisi garda depan yang kekurangan APD saat menangani pasien corona Covid-19.

Total dana yang terpaut cukup besar untuk anak yang masih begitu dini. Adanya tindakan para bocah yang masih polos, diharapkan mampu meningkatkan jiwa berlomba dalam kebaikan.

Dua Bocah 7 Tahun Mengetuk Hati

Tata dan Unsia, bocah berusia 7 tahun yang menyumbangkan hasil celengan untuk membeli APD atau Alat Pelindung Diri.

Keduanya membawa celengan kaleng ke Posko Jurnalis Peduli Kemanusiaan yang berada di Sekretariat Aliansi Jurnalik Independen Makassar.

bocah sumbang apd

Hasil tabungan selama enam bulan itu sebanyak Rp349 ribu, setelah dibantu hitung para relawan posko pada Minggu (5/4).

“Ini untuk dokter biar bisa beli masker, ini dari tabungan kami selama enam bulan,” ujar Tata.

Patut Menerima Apresiasi

Koordinator Jurnalis Peduli Kemanusiaan Sulawesi Selatan, Darwin Fatir mengungkapkan, yang dilakukan Tata dan Unsia merupakan bentuk respon cepat terhadap kondisi Indonesia melawan Virus Corona.

“Patut mendapat apresiasi, Tata dan Unsia di usia masih sangat muda ini sudah peduli akan kemanusiaan. Kami sangat salut dan bangga serta berterima kasih atas sumbangan yang diberikan,” kata Darwin.

“Sekecil apapun bantuan Anda, tentu akan sangat bermanfaat bagi para tenaga medis,” tutupnya.

Related Posts

Ad Widget

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *