Ad Widget

Ini 5 Manfaat Buah Jambu yang Jarang Diketahui ,Dapat Cegah Covid-19 Juga Lo

Ad Widget

LABURA.NET – Di tengah pandemi corona, masyarakat dituntut untuk bisa menjaga kesehatan tubuhnya. Selain rutin berolahraga, warga dunia juga dianjurkan menerapkan pola hidup sehat. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan tinggi nutrisi.

Beberapa waktu lalu, buah jambu biji menjadi begitu populer terutama saat virus corona sedang merebak. Para peneliti mengatakan jambu biji menjadi kandidat terampuh atasi virus corona.

Lantas, apa saja manfaat buah jambu biji yang jarang disadari? Simak ulasan informasi berikut ini ya.

Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah atau hipertensi sangat berbahaya bagi tubuh. Hal ini karena hipertensi bisa mengakibatkan pecahnya pembuluh darah atau bisa dikenal dengan istilah stroke.

ilustrasi jambu biji

Manfaat buah jambu biji yang pertama adalah mampu menurunkan tekanan darah. Untuk itu, sangat disarankan mengonsumsi jambu biji bagi para penderita. Tidak hanya tekanan darah, jambu biji juga bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Lantaran, jambu biji mempunyai kandungan potasium yang memiliki peranan penting dalam menurunkan tekanan darah.

Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat buah jambu biji selanjutnya yaitu mampu membantu menjaga kesehatan tubuh. Jarang diketahui, buah-buahan yang memiliki warna cerah justru sangat bagus dalam menjaga kesehatan mata.

ilustrasi jus jambu biji

Sebab, buah-buahan dengan warna cerah cenderung mengandung vitamin A yang tinggi. Untuk itu, sangat dianjurkan mengonsumsi buah jambu biji agar kesehatan mata tetap terjaga.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Berikutnya, manfaat buah jambu biji salah satunya yakni membantu meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh. Dilansir dari ui.ac.id, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) bekerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) tengah mengembangkan penelitian tentang jambu biji yang dipercaya dapat mencegah virus corona atau covid-19.

Prof Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MM, Dekan Fakultas Kedokteran UI menjelaskan bahwa jambu biji memiliki kandungan senyawa yang cukup lengkap untuk menangkal penyebaran virus corona atau covid-19.

ilustrasi jus jambu biji

“Dari riset bioinformatika, kandungan dalam jambu biji mampu mencegah atau paling tidak mengurangi virus tersebut,” kata Ari dikutip dari ui.ac.id.

Berdasarkan hasil penelitian, dalam jambu biji, terdapat golongan senyawa yang berpotensi untuk mencegah atau menghambat virus corona (covid-19), di antaranya esperidia, rhamnetin, kaempferol, kuersetin dan myricetin.

Melancarkan Pencernaan

Selain itu, manfaat buah jambu biji adalah mampu melancarkan pencernaan. Jambu biji dikenal memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Sehingga, buah jambu biji sangat efektif untuk memperlancar sistem pencernaan.

ilustrasi jambu biji

Selain itu, buah jambu biji juga bisa mencegah munculnya sembelit dan konstipasi. Jarang diketahui oleh masyarakat, sebuah jambu biji ternyata mampu mencukupi 36% kebutuhan serat dalam tubuh. Buah jambu biji juga bisa membersihkan sistem pembuangan usus kalian.

Mencegah Kanker

Satu lagi manfaat buah jambu biji yang bisa membuat siapa saja tercengang. Bagaimana tidak, buah jambu biji mampu membantu mencegah timbulnya kanker di dalam tubuh.

biji

Hal ini karena buah jambu biji mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Perlu untuk diketahui, antioksidan yang ada di buah jambu biji berupa likopen atau antioksidan pelawan kanker.

Selain itu, kandungan senyawa yang ada di buah jambu biji juga lebih mudah diserap oleh tubuh. Karena, adanya perbedaan struktur dengan buah atau bahan makanan lainnya.

Related Posts

Ad Widget

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *