Ad Widget

Begini Cara Mengusir Nyamuk Dengan Bahan Alami, Mudah dan Bikin Tidur Tambah Nyenyak

Ad Widget

LABURA.NET – Nyamuk adalah serangga yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit melalui gigitannya. Sangat menyukai tempat yang lembab menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara yang memiliki risiko tinggi terhadap penyakit yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk.

Kendati demikian, Anda tidak perlu risau. Sebab, terdapat beberapa cara untuk mengusir nyamuk yang dapat bersarang di rumah Anda.

Selain dengan tetap menjaga kebersihan rumah, Anda dapat melakukan cara mengusir nyamuk berikut ini:

Menggunakan Minyak Kayu Manis

kayu manis

www.pixabay.com

Cara mengusir nyamuk yang pertama adalah dengan menggunakan minyak dari ekstrak kayu manis. Sebuah penelitian lebih lanjut mengungkapkan bahwa minyak kayu putih dapat membunuh telur-telur nyamuk yang telah diletakkan di tempat yang gelap.

Caranya pun cukup mudah. Anda hanya perlu untuk mencampurkan air secukupnya dengan minyak kayu manis. Kemudian tuang campuran tersebut ke dalam botol penyemprot.

Setelah itu, Anda dapat menyemprotkan cairan tersebut pada tempat-tempat yang menurut Anda sering menjadi sarang nyamuk di rumah Anda.

Menggunakan Minyak Lemon

ilustrasi lemon oil

Shutterstock

Cara mengusir nyamuk di rumah Anda selanjutnya adalah dengan memanfaatkan kandungan yang terdapat pada minyak lemon.

Berdasarkan penelitian para ahli, minyak lemon eucalyptus secara ampuh dapat digunakan sebagai bahan pengusir nyamuk yang cukup efektif. Penelitian menunjukkan bahwa minyak lemon ini dapat mengusir nyamuk selama tiga jam pemakaian.

Cara mengusir nyamuk dengan minyak lemon adalah tuangkan minyak lemon ini pada botol penyemprot yang telah disterilkan. Lalu, semprotkan pada kulit tubuh yang rawan untuk digigit nyamuk seperti lengan, kaki, leher, dan lainnya. Aplikasikan pada kulit hingga merata.

Kendati minyak lemon adalah bahan alami, namun tidak disarankan untuk mengaplikasikannya pada kulit anak di bawah usia tiga tahun.

Menggunakan Kemangi

002 tantri setyorini

Shutterstock

Menggunakan kemangi adalah salah satu cara mengusir nyamuk yang selanjutnya. Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, tanaman yang memiliki aroma khas ini ternyata tidak disukai nyamuk.

Digolongkan sebagai tanaman herbal yang baik bagi sistem kekebalan tubuh, tanaman kemangi ini memiliki kandungan senyawa alami yang menghasilkan bau menyengat bagi nyamuk.

Cara mengusir nyamuk dengan menggunakan kemangi yakni tidak sulit. Cukup letakkan daun kemangi yang telah dicuci pada tempat-tempat yang menjadi sarang nyamuk seperti gantungan baju, sudut-sudut rumah, dan lain sebagainya.

Menggunakan Bawang Putih

mitos coronavirus diobati dengan bawang putih

2020 Merdeka.com

Bawang putih pada umumnya lebih banyak digunakan pada masakan khas Indonesia sebagai bumbu penyedap. Namun, tidak banyak diketahui bahwa bawang putih ternyata juga dapat mengusir nyamuk.

Caranya, cukup letakkan irisan bawang putih di tempat-tempat yang gelap dan jarang terpapar sinar matahari. Sebab, nyamuk gemar berlindung di tempat-tempat lembab dan gelap.

Menggunakan Kulit Jeruk

ilustrasi kulit jeruk

Pixabay

 

Cara selanjutnya mengusir nyamuk adalah dengan menggunakan kulit jeruk. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa kulit jeruk dapat mengurangi intensitas nyamuk untuk berkembang di daerah yang diletakkan kulit jeruk.

Namun, kulit jeruk ini tidak sampai 100 persen dapat mengusir nyamuk. Kendati demikian, tidak ada salahnya untuk mengusir nyamuk dengan bahan yang ekonomis satu ini.

Selain Anda dapat mengusir nyamuk, buah jeruk yang telah Anda konsumsi sebelumnya pun juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga Anda tidak mudah terserang berbagai penyakit berbahaya.

Caranya cukup mudah yakni hanya dengan meletakkan kulit jeruk pada daerah yang disukai nyamuk seperti tempat tidur dan lain sebagainya.

6 dari 7 halaman

Menggunakan Serai

002 destriyana

Bau dan aroma dari serai ini tidak digemari oleh nyamuk. Cara mengusir nyamuk dengan menggunakan serai pun cukup mudah.

Gunakan serai sebagai lilin yang dibakar pada salah satu ujungnya. Setelah itu, letakkan di tempat-tempat yang sering terdapat banyak nyamuk bersarang.

Biasanya, tempat yang disukai nyamuk adalah yang memiliki kelembaban cukup tinggi serta kurang terkena paparan sinar matahari.

Anda dapat meletakkan serai yang telah dibakar tersebut pada vas kaca atau keramik yang tidak mudah terbakar. Dengan begitu, cara ini akan aman untuk dilakukan. Ganti serai setelah habis terbakar apabila dirasa masih terdapat nyamuk di rumah Anda.

Menggunakan Ampas Kopi

ilustrasi ampas kopi

Cara mengusir nyamuk yang terakhir adalah dengan memanfaatkan ampas kopi yang sudah tidak digunakan kembali. Nyamuk dipercaya tidak menyukai aroma khas yang dihasilkan oleh kopi.

Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa nyamuk betina tidak bertelur di permukaan air yang mengandung ampas kopi. Sebab, ampas kopi dinilai tidak baik bagi perkembangan telur yang akan dilepaskan oleh nyamuk betina tersebut.

Caranya cukup mudah, tuang ampas kopi pada daerah yang rawan dan sering menjadi sarang nyamuk dan berbagai serangga lainnya. Namun, tetap jaga kebersihan lingkungan rumah dengan membersihkan tempat bekas siraman ampas kopi tersebut.

Related Posts

Ad Widget

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *