Ad Widget

Cegah Corona, 5 Aplikasi Ini Dapat Bantu Kamu Kerja Di Rumah

Ad Widget

LABURA.NET – Perkembangan virus Corona (COVID-19) kian memprihatinkan. Bahkan, organisasi kesehatan dunia alias WHO telah menetapkan COVID-19 sebagai pandemi global. Melihat situasi seperti ini, Presiden Jokowi menyebut sudah saatnya bekerja dari rumah, termasuk mengadakan meeting melalui aplikasi teleconference.

Hal ini disampaikan beliau setelah korban yang terjangkit mencapai 117 jiwa, dengan 5 diantaranya meninggal dunia. Merespon perintah Presiden, sejumlah perusahaan telah menerapkan sistem bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH).

Kendalanya, ketika ada meeting mendesak tetapi dilarang untuk bertemu satu sama lain lantaran COVID-19. Satu-satunya cara adalah melalui teleconference. Tak perlu khawatir, karena 5 aplikasi berikut bakal membantu meeting Anda tetap berjalan, meskipun dari rumah:

1. WhatsApp

Aplikasi perpesanan milik Facebook ini sudah cukup umum penggunaannya di Indonesia. Ditengah situasi seperti ini, WhatsApp bisa membantu Anda untuk melakukan panggilan video secara grup.

Tentunya, Anda harus memiliki grup WhatsApp dengan rekan kerja sekantor ataupun sekelompok orang yang ingin diajak meeting. Penggunaannya cukup mudah, hanya perlu memilih ikon panggilan video didalam grup, kemudian mengundang rekan segrup tadi yang ingin ikut serta dalam meeting.

2. Facebook Messanger

Masih satu grup dengan WhatsApp, Facebook Messanger juga memungkinkan penggunanya untuk melakukan panggilan video secara grup. Artinya, paltform milik Facebook ini juga bisa menjadi pilihan Anda ketika harus menggelar meeting saat COVID-19 tengah melanda. Selain itu, pengguna juga bisa bertukar dokumen, teks hingga video, layaknya chatting dalam WhatsApp.

3. Google Hangout

Penggunaan aplikasi Hangout, tergolong mudah. Hal ini karena pengguna hanya perlu memiliki akun Google ataupun Gmail. Dengan begitu, Hangout bisa membantu Anda untuk melakukan panggilan video secara grup alias teleconference. Bahkan, bisa membuat grup hingga 150 orang sekaligus.

Seperti yang lainnya, Hangouts juga memungkinkan untuk berbagi dokumen. Jadi, semakin mempermudah meeting Anda, meskipun harus tetap berada dirumah.

4. Skype for Business

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini cukup membantu bisnis Anda berjalan. Hal ini karena Skype for Business memungkinkan Anda untuk memulai percakapan instan grup ataupun panggilan video, yakni dengan mengundang lebih banyak peserta.

Menariknya, terdapat fitur yang memungkinkan Anda mengontrol meeting, mendeteksi keterlibatan bisnis, mencari kontak baik berupa nama, email maupun nomor telepon. Selain itu, Ada juga opsi untuk membisukan panggilan rapat.

5. ZOOM Cloud Meetings

Aplikasi ini cocok jika Anda ingin meeting dengan jumlah orang yang cukup banyak. pasalya, Zoom Cloud Meetings dapat mengundang hingga 100 orang untuk bergabung rapat secara gratis. Aplikasi ini juga memiliki fitur berbagi video dan berbagi layar.

Tak perlu khawatir untuk berbagi file besar hasil meeting tadi. Hal ini karena Zoom Cloud Meetings telah terintegrasi dengan Google Drive ataupun Dropbox. Meskipun tetap bisa berbagi dokumen dengan ukuran standar, baik berupa foto ataupun video dari smartphone dan PC Anda.

Itulah sederet aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk mengadakan meeting untuk meringankan pekerjaan Anda dari rumah. Anda bisa menggunakan salah satu diantara 5 aplikasi meeting tadi. (DamRaider)

Related Posts

Ad Widget

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *